Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara Menyambung Kabel

  1. Menyambung Kabel Cara Pig Tail
 
Menyambung  cara ekor babi ialah cara menyambung kabel yang paling sederhana dan mudah untuk dipraktekkan. Sambungan ini digunakan untuk menyambung atau mencabangkan satu atau beberapa kabel pada satu titik.Penyambungan cara ini sering dijumpai pada kotak sambung dan umumnya dipasang "lasdop" sebagai pengikat dan sekaligus sebagai isolasi.

a.       Menyambung kabel ekor babi (dua kabe)
1.      Potong kawat tembaga dengan sepanjang 5 cm , sisakan  ±2 cm masing-masing ujungnya.
2.      Tempelkan menjadi satu bagian-bagian kabel yang terkupas kemudian diputar dengan tang kombinasi dengan rapi dan kuat seperti gambar di bawah ini.
3.      Rapikan hasil sambungan dengan memotong  kelebihan kabel.
4.      Panjang puntiran ±1,5 cm.
5.      Buat 6 buah
6.      Dan sambungkan
 
b.   Menyambung kabel ekor babi (tiga kabel)
1.      Potong kawat tembaga dengan sepanjang 5 cm , sisakan  ±2 cm masing-masing ujungnya.
2.      Tempelkan menjadi satu bagian-bagian kabel yang terkupas kemudian diputar dengan tang kombinasi dengan rapi dan kuat
3.      Rapikan hasil sambungan dengan memotong  kelebihan kabel.
4.      Panjang puntiran ±1,5 cm.
5.      Buat 3 buah

2. Menyambung Kabel Cara Puntir ( Bell Hangers ) dan ( Western Union )

Menyambung cara puntir ialah cara menyambung kabel yang mempunyai  tingkat kesulitan diatas penyambungan cara ekor babi. Sambungan ini digunakan untuk menyambung antara dua kabel  yang berbentuk satu garis lurus.
Menyambung cara puntir ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu sambungan bell hangers dan sambungan western union.  Perbedaan dari kedua bentuk sambungan puntir  tersebut terletak pada jumlah puntirannya,sedangkan cara menyambungnya adalah sama. Sambungan ini digunakan untuk  menyambung kabel  yang  kurang  panjang.  Penyambungan cara inisering dijumpai pada pekerjaan instalasi penerangan dalam rumah.Bentuk sambungan ditunjukkan seperti gambar dibawah ini:
a. bentuk sambungan puntir Bell hangers,
b. bentuk sambungan puntir Western union,

1.    Potong kabel   dengan panjang 10 cm, sisakan ±2 cm masing-masing  ujungnya.
2.    Tempelkan jadi satu bagian-bagian kabel yang terkupas  kemudian dipuntir  memakai  tang kombinasi dengan arah yang berlawanan kekiri dan ke kanan dengan kuat seperti  gambar di bawah ini:
3.    Buat masing-masing 6 buah.

a.    Bell hangers

 

b.   Western Union
 

3.  Menyambung Kabel Cara Bolak-balik

Menyambung cara bolak balik ini dimaksudkan untuk menda-patkan  sambungan  yang l ebih kuat  terhadap rentangan maupun tarikan.Umumnya kabel yang digunakan untuk sambungan ini  adalah kabel dengan penampang 4 mm.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar